Sabtu, 19 April 2008

...dan gw terharu ketika performance tarian saman sedang berlangsung

Hari ini, gw k RRI, ada acara kampung budaya unpad..
Tujuan gw mw ngliput untuk VT mtV besar klmpok gw.
Ya ya ya. Pnampilan grup arumba,klo g salah,keren bgt!
Gw takjub loh dr berbagai alat musik tradisional bs jd musik yg enak bgt!samasekali ga kuno.keren malah.

Pas pnampilan tari saman dan beberapa pnampilan tradisional lainny, otak dan batin gw bekerja. Gw pengen nangis.tharu.tnyata gw tinggal di negara yg punya kebudayaan yg AMAT SANGAT KEREN!
Gw sedih krn makin dikit yg peduli am kebudayaan indonesia.
Gw interest bgt am hal yg kyk gt sbnrny. Tp sedih aj knapa di kampus gw, fakultas gw, apresiasi thadap kbudayaan bisa dbilang amat sangat kurang.
Smua bkiblat pada modernisme.padahal belum tentu mereka smua ngerti makna modernisasi.
Cita" gw dr kecil adalah bs nari bali dan nari saman.jaman gw sd,gw suka bgt ngafalin lagu daerah...

Generasi pnerus kbudayaan semakin menipis.ironis.

Duluu banget gw pnah bfikir klo gw nikah ntar, gw pgn pke gaun internasional, pesta kebun bla bla bla. Biar ga ribet.
Tapi skrg mlh kebalikanny.someday saat gw nikah,gw pengen mengikuti upacara adat gw ato suami gw nanti.
Gw pengen ngrasain tahapan yg harus dlewatin orang jaman dahulu ktika nikah.
Gw mw pake baju daerah plus aksesorisny.
Indonesia tmasuk negara mewah.kebudayaanny slalu menyertakan perhiasan yg banyak untuk pasangan mempelai.bukanny matre, tp gw melihat disitulah kekayaan negara qta yg ga seharusny lenyap tanpa ada tindakan dari qta,sbg pmilikny..

Tidak ada komentar: